Aparat Sita Software Bajakan Senilai Rp 4,5 Triliun

25 Juli, 2007 pukul 3:23 am | Ditulis dalam Berita IT harian | Tinggalkan komentar

Rabu , 25/07/2007 10:03 WIB
Aparat Sita Software Bajakan Senilai Rp 4,5 Triliun

Shenzhen, Software bajakan senilai lebih dari US$500 juta (sekitar Rp 4,5 triliun) termasuk produk palsu dari sistem operasi Microsoft dan anti virus Symantec telah disita di Cina. Penyitaan ini berlangsung sejak kerjasama antara polisi Cina dan aparat FBI (Federal Bureau of Investigation) Amerika Serikat yang telah berlangsung sejak tahun 2005.

Lebih dari 290.000 CD software bajakan dan sertifikat keaslian yang juga dipalsukan disita selama operasi berlangsung. Sebanyak enam pabrik dan beberapa fasilitas penjualan eceran telah dibongkar paksa. Puluhan ribu CD Microsoft bajakan juga dijaring aparat termasuk peralatan untuk memproduksi software antivirus Symantec palsu.

Ada 25 pelaku pembajakan yang telah ditahan sejak kerja sama tersebut diadakan. Beberapa sindikat pembajakan yang membuat serta menyebarkan software palsu ke seluruh dunia terutama ke Amerika Serikat pun dihentikan aktivitasnya.

“Kerjasama antara Amerika Serikat dan Cina ini mengalami perkembangan penting. Namun kami masih mempunyai banyak hal yang harus dikerjakan,” sebut Steven Hendershot, perwakilan resmi FBI di Beijing seperti dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (25/7/2007).

Menurut data Bussiness Software Alliance (BSA), angka penyitaan sejumlah ratusan juta dolar tersebut hanya mewakili sepuluh persen dari keseluruhan kerugian akibat pembajakan software di Cina pada tahun lalu.

Pelanggaran hak cipta properti intelektual yang meliputi berbagai macam industri seperti software, musik, film, maupun busana telah menjadi pangkal masalah antara Cina dengan mitra dagang utama mereka, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: