Akses Internet Sambangi Pesawat Terbang

26 Juli, 2007 pukul 5:45 am | Ditulis dalam Berita IT harian | Tinggalkan komentar

Kamis , 26/07/2007 12:15 WIB

Akses Internet Sambangi Pesawat Terbang

 

Jakarta, Akses Internet akan segera menyambangi pesawat terbang. Alhasil, sambil terbang penumpang pun bisa surfing di dunia maya atau sekadar cek email.

Adalah perusahaan penerbangan Australia, Qantas, yang mengumumkan untuk mulai menawarkan akses Internet wireless pada pesawat Airbus A380 barunya bulan Agustus 2008. Layanan ini terutama ditujukan bagi para pebisnis.

Koneksi Internet tersebut ditawarkan bersama layanan lainnya bertajuk ‘next generation in-flight entertainment system’. Nantinya, fasilitas monitor digital layar lebar di semua kabin, video dengan ratusan film, 500 CD audio, game komputer serta kamera untuk mengetahui sudut pandang pilot pesawat juga akan disediakan.

“Konsumen pada semua kelas bisa mengakses Internet dengan atau tanpa laptop milik mereka secara wireless. Belum pernah ada layanan seperti ini dalam pesawat komersial,” klaim manajer eksekutif Qantas, John Borghetti seperti dikutip detikINET dari ITNews, Kamis (26/7/2007).

Perusahaan penerbangan internasional lainnya seperti Lufthansa, Japan Airlines, Korean Air, dan Singapore Airlines memang telah menyepakati kerjasama untuk menyediakan layanan serupa. Namun, waktunya belum diumumkan secara spesifik.

Harga untuk layanan Internet Qantas ini belum diumumkan. Namun, pihak OnAir yang menyediakan layanan tersebut tahun lalu telah memberi gambaran. Layanan instant messaging akan memakan biaya US$5 tanpa batas pemakaian selama penerbangan, sementara akses website dan email akan berkisar pada US$8 dengan pembatasan waktu. Kecepatan aksesnya kemungkinan berada pada kisaran 432Kbps.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: