Amerika Serikat Kewalahan Hadapi Serangan Cyber

26 Juli, 2007 pukul 2:58 am | Ditulis dalam Berita IT harian | Tinggalkan komentar

Kamis , 26/07/2007 08:28 WIB

Amerika Serikat Kewalahan Hadapi Serangan Cyber

Jakarta, Lembaga Government Accountability Office (GAO) Amerika Serikat (AS) mengungkapkan bahwa sektor publik maupun swasta di negara ini menghadapi tantangan dalam mengamankan daerah cyber mereka. Disebutkan pula bahwa sektor pemerintahan maupun wilayah komersial AS juga berjuang dalam mendeteksi dan melaporkan tindak kejahatan via dunia maya.

Hal ini dikarenakan penegakan hukum cyber di negara adidaya ini sendiri, mengalami kewalahan terutama dalam menghadapi serangan dari luar negeri.

Bahkan, Departemen Keamanan Negara yang seharusnya menjadi agen utama pemerintah dalam menghadapi serangan cyber pun dinyatakan tak punya jaringan keamanan komputer yang mumpuni. Indikasinya, sebanyak 844 insiden keamanan cyber dihadapi lembaga ini dalam dua tahun terakhir.

Menurut Jim Langevin, Chairman Subcomitee on Emerging Threats, Cybersecurity, Science dan Technology AS, serangan yang menimpa departemen tersebut bervariasi dari virus, dan email untuk mencuri data.

Seperti dikutip detikINET dari TechWeb, Kamis (26/7/2007), laporan GAO ini menunjukkan bahwa serangan cyber bisa berasal dari wilayah Amerika Serikat sendiri maupun dari luar negeri yang menimbulkan banyak masalah.

Langevin mencontohkan, Cina saat ini diklaimnya sedang mengkoordinasi serangan melawan Departemen Pertahanan AS yang telah berlangsung selama bertahun-tahun. Laporan dari Departemen Pertahanan sendiri juga mengatakan bahwa Tentara Pembela Rakyat Cina terus meningkatkan kapabilitas serangan cyber-nya.

“Saya menyarankan seluruh areal bisnis besar maupun kecil benar-benar memperhatikan keamanan ruang cyber mereka secara serius,” tandasnya.
(ash/ash)

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: