Malaysia Peringatkan Blogger dengan Hukuman Berat

26 Juli, 2007 pukul 5:41 am | Ditulis dalam Berita IT harian | Tinggalkan komentar

Kamis , 26/07/2007 10:40 WIB

Malaysia Peringatkan Blogger dengan Hukuman Berat

 

Kuala Lumpur, Menteri senior Malaysia, Nazri Aziz memperingatkan para penulis blog alias blogger bahwa pemerintah akan menerapkan hukum yang keras bagi mereka yang menghina raja atau agama via internet.

“Meskipun pemerintah menoleransi mereka yang mengkritik kami, kami sangat memperhatikan berbagai pernyataan yang menista agama serta berbau rasis. Inilah saatnya kami bertindak tegas,” kata Nazri Aziz.

Dia mengatakan bahwa pemerintah bisa menggunakan tiga hukum yang telah ada termasuk Internal Security Act yang memungkinkan penangkapan tanpa pemeriksaan terlebih dahulu. Pemerintah juga sedang menyusun tata hukum baru menghadapi blogger yang dianggap menghina atau menyerang hal sensitif.

Menurut Nazri, hal ini dilakukan bukan untuk menghalangi kebebasan berinternet, namun untuk mencegah kebohongan beredar dalam blog.

“Kami menginginkan blog sebagai tempat berbagi informasi akurat, bukan sebagai sarana penghasutan,” tandasnya seperti dikutip detikINET dari AFP, Kamis (26/7/2007).

Komentar Nazri datang setelah anggota senior partai UMNO yang berkuasa di Malaysia melaporkan sebuah blog yang dianggap menghina raja Malaysia serta agama Islam. Di dalamnya juga terdapat bagian yang mengandung hal-hal rasis.

Beberapa media telah mengkritik langkah pemerintah melawan blogger ini terutama dalam dua kasus yang telah terjadi. Pria bernama Nathaniel Than telah ditahan polisi selama empat hari karena memposting blog yang mengkritik korupsi. Begitu pula blogger Ahirudin Attan dan Jeff Ooi yang telah dituntut dengan tuduhan memfitnah pemerintah dalam blognya.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: