Manusia Kalahkan Komputer Dalam Arena Poker

26 Juli, 2007 pukul 5:43 am | Ditulis dalam Berita IT harian | Tinggalkan komentar

Kamis , 26/07/2007 11:29 WIB

Manusia Kalahkan Komputer Dalam Arena Poker

 

Jakarta, Dua pemain poker profesonal, Phil Laak dan Ali Eslami, berhasil mengalahkan Polaris yaitu program komputer yang didesain khusus untuk pertandingan poker.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan selama dua hari di Vancouver itu, kedua pemain asal Los Angeles, Amerika Serikat ini mampu memenangkan dua dari empat partai yang digelar, dengan selebihnya mengantongi satu kali kekalahan serta hasil imbang.

Kemenangan ini tentu saja disambut sorak sorai penonton, meskipun sebagian dari pengunjung adalah para ilmuwan yang pada awalnya mengharapkan Polaris dapat memenangkan pertandingan.

Meski kalah, Polaris pun tetap mendapat pengakuan dan sambutan yang tidak kalah meriahnya karena berhasil menyudutkan para jawara poker profesional ini, bahkan bisa mencuri satu game.

“Saya terkejut kami dapat mencuri satu kemenangan, itu merupakan hasil yang cukup baik dan selanjutnya kami akan sulit dikalahkan,” ujar salah satu ilmuwan yang mengembangkan Polaris, seperti dikutip detikINET dari smh, Kamis (26/7/2007)

Menurut para ilmuwan tersebut, pertandingan ini dimaksudkan untuk menjajal kemampuan antara kecerdasan manusia dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Sama seperti pertandingan yang telah dilakukan antara Grand Master Garry Kasparov melawan komputer Deep Blue di arena catur pada 1997.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: