Rumah ‘Pintar’, Hunian Khusus Para Manula

26 Juli, 2007 pukul 3:00 am | Ditulis dalam Berita IT harian | Tinggalkan komentar

Kamis , 26/07/2007 09:17 WIB

Rumah ‘Pintar’, Hunian Khusus Para Manula

Ardhi Suryadhi – detikInet


Jakarta, Sebuah hunian yang disebut rumah ‘pintar’ dibangun dengan dilengkapi berbagai perangkat teknologi digital. Tujuannya untuk memudahkan dalam memonitor kondisi kesehatan si penghuni.

Vnunet yang dikutip detikINET, Kamis (26/7/2007) melansir, rumah yang dikembangkan oleh Universitas Florida ini didesain secara khusus untuk ditempati para manula dengan teknologi sensor wireless dengan bekerja sama dengan IBM. Sehingga para orang tua yang telah memiliki kekuatan yang sangat terbatas dapat menjalankan hidup dengan lebih baik.

Hal lain yang membuat rumah ini dianggap ‘pintar’ adalah ketersediaam sistem kesehatan interaktif. Melalui fitur ini, si penghuni akan serasa disediakan rumah sakit, dokter serta laboratorium yang dilengkapi data-data kesehatan si pasien di tempat tinggalnya.

Dan diklaim dapat membantu memonitor kondisi kesehatan si penghuni dengan lebih update dan segera melakukan tindakan jika kondisi kesehatan si penghuni berbahaya.

Sebagai contoh, untuk memantau perkembangan tekanan gula darah bagi si penghuni yang mengidap penyakit gula. Jadi ketika data-data yang dipantaunya berada dalam kategori berbahaya, maka perangkat tersebut akan mentransmisikan data yang didapatnya kepada penyedia jasa kesehatan via web.

“Dengan menjembatani antara faktor kesehatan dan perkembangan teknologi digital dan dikemas sebagai sebuah layanan, kami membuka kunci potensial layanan sistem enterprise berbasis Internet generasi terbaru,” ujar Dr Sumi Helal, profesor dari fakultas komputer dan informasi science engineering University of Florida.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: