Microsoft Ajukan Lisensi Open Source

27 Juli, 2007 pukul 4:47 pm | Ditulis dalam Berita IT harian | Tinggalkan komentar

Jumat , 27/07/2007 13:42 WIB

Microsoft Ajukan Lisensi Open Source

 

Jakarta, Microsoft akan mengajukan salah satu skema lisensinya ke organisasi Open Source Initiative (OSI). Jika disetujui, Microsoft akan memiliki lisensi Open Source yang resmi diakui komunitas Open Source.

Skema lisensi Shared Source selama ini dikedepankan Microsoft untuk beberapa piranti lunak besutannya yang membuka kesempatan untuk dikembangkan bersama-sama komunitas. Kini, lisensi tersebut akan diajukan ke OSI untuk diresmikan sebagai salah satu lisensi Open Source.

Hal itu terungkap dari Microsoft General Manager of Platform Strategy Bill Hilf dalam Open Source Convention (Oscon) seperti dikutip detikINET dari pernyataan Tim O’Reilly di Oreilly.com, Jumat (27/7/2007). Tim merupakan pendiri Oreilly Media dan juga sosok yang cukup disegani di kalangan Open Source.

Menurut Bill Hilf, Microsoft saat ini memiliki sekitar 650 proyek piranti lunak di bawah skema Shared Source. Bila pengajuan Microsoft disetujui, maka semua proyek itu bisa dikategorikan sebagai proyek resmi Open Source.

Tim menyebut langkah ini sebagai gebrakan besar dari Microsoft. Bahkan, menurut Tim, ini akan mengaburkan jurang pemisah antara Microsoft dan komunitas Open Source.

Pada saat yang sama Microsoft juga mengumumkan portal khusus Open Source di situsnya. Portal tersebut beralamat di microsoft.com/opensource. Langkah ini merupakan kelanjutan inisiatif Port 25 alias laboratorium Open Source Microsoft.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: