Indonesia Boyong 4 Perunggu di Olimpiade Komputer

22 Agustus, 2007 pukul 12:04 pm | Ditulis dalam Berita IT harian | Tinggalkan komentar

Rabu, 22/08/2007 11:31 WIB

Indonesia Boyong 4 Perunggu di Olimpiade Komputer

<!––>


Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI)
Jakarta – Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) berhasil meraih 4 medali perunggu dalam ajang International Olympiad in Informatics (IOI) ke-19 yang berlangsung dari 15 sampai 22 Agustus 2007 di Zagreb, Kroasia.

Dari dua hari kompetisi yang telah dilakukan, keempat siswa Indonesia yang diwakili oleh Brian Marshal (dari SMU BPK Penabur Bandung), Ricky Jeremiah (SMU Kanisius Jakarta), Karol Danutama (SMU Kanisius Jakarta) dan Riza Oktavian Nugraha Suminto (SMU Taruna Nusantara Magelang) tersebut memperoleh nilai yang cukup merata, yakni Brian (230), Riza (208), Ricky (205) dan Karol (203).

Perolehan nilai itu pada awalnya membuat pesimis seluruh anggota tim. Namun, mereka terkejut ketika tiba-tiba nama Karol yang memperoleh nilai terendah diantara tim dipanggil ke panggung untuk menerima medali perunggu, serentak mereka pun langsung bersorak dan bersyukur.

Menurut Fauzan Joko, Deputi Leader TOKI 2007 dalam keterangan tertulisnya mengatakan, hasil ini memang sangat mengejutkan, mengingat soal-soal yang diberikan dalam dua hari pelaksanaan lomba rata-rata memang cukup sulit. Namun ternyata dengan soal yang sulit tersebut para peserta dari negara-negara lain pun juga merasa kesulitan, dan perolehan nilai rata-rata seluruh peserta memang cenderung menurun jika dibandingkan dengan pelaksanaan olimpiade sebelumnya, imbuhnya.

Dalam klasemen umum, Tim Indonesia bertengger di posisi ke 35 dari 80 negara. Kita boleh berbangga karena prestasi siswa-siswa Indonesia tersebut ternyata masih jauh lebih baik dari prestasi siswa-siswa dari beberapa negara maju seperti Inggris, Belanda, Kanada serta Denmark.

Sementara nilai tertinggi diraih oleh siswa Polandia yaitu Tomasz Kulczyaski, dan juara umum diraih tim dari Cina yang meraih 4 medali emas dan 1 medali perak.

Rombongan Tim Indonesia akan langsung bertolak kembali ke Indonesia, dan dijadwalkan akan tiba kembali di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta pada Kamis, 23 Agustus 2007 sekitar pukul 18:00 dengan menumpang pesawat Lufthansa dari Frankfurt dengan nomer penerbangan LH 877.

Fauzan menambahkan, mungkin hasil tersebut bukanlah yang terbaik yang bisa diraih, namun kita patut mengucapkan terima kasih dan selamat kepada keempat kontestan kita Brian, Riza, Ricky dan Karol yang telah berjuang maksimal untuk mendapatkan hasil terbaik

Sepulang dari Zagreb, Panitia TOKI akan langsung disibukkan dengan persiapan Seleksi Nasional TOKI dalam ajang Olimpiade Sains Nasional VI Surabaya yang akan berlangsung pada tanggal 2 sampai 8 September 2007.

Seleksi nasional tersebut merupakan langkah awal untuk memperoleh siswa-siswa berpotensi untuk di bina dan di seleksi secara bertahap untuk memilih Tim Olimpiade Komputer Indonesia tahun 2008 yang akan diselenggarakan di Kairo, Mesir tahun depan.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: